ASSALAMUALAIKUM...............
Kajian.Net

Tuesday, January 6, 2009

Load Balancing


Load balancing adalah membagi beban pada 2 atau lebih koneksi sehingga bandwith terasa lebih lebar saat kita memakai aplikasi downloader atau multi thread internet connection,bukan menggabungkan bandwith yang selama ini banyak kita dengar. jika kita menggunakan 1 buah thred connection(misal kita memakai IE lalu download) maka jalur yang dipakai hanya 1. tergantung dari tekniknya yang dipakai oleh load balancingnya.



load balancing
currently ada 3 macam load balancing dilihat dari sisi implementasinya :
1. gateway load balancing pada layer 3 OSI - digunakan per IP basis (atau yg sekarang lebih dikenal dgn "multi-homing gateway" - seperti yg bung opik bilang).

pastinya pada konteks ini kita harus melihat dari sisi mana kita akan mengatakan multi-homing :
- bisa 1 NIC dgn 2 IP gateway berbeda (secara logik)
- bisa 2 NIC atau lebih dgn masing2 1 IP gateway (secara fisik)

2. application load balancing pada layer 4 ke 7 OSI - digunakan per-connection/session basis (atau yg sekarang lebih dikenal sbg grid-computing/server-cluster)

karena pada tipe ini - setiap koneksi berdasar sesi (tcp atau udp atau bahkan IP) maka setiap established session - sebuah koneksi akan tetap memakai jalur handshake-nya sampai finished - kalo tidak (belum selesai terus ganti jalur) maka akan di-reset oleh server.

3. layer 2 (bridge) load balancing yg bekerja pada layer 2 OSI - digunakan per MAC basis (atau yg sekarang dikenal sbg NIC-bonding, etherchannel, IPMP, lagp, pagp dsb seperti sulton bilang).

tipe ini lebih efektif dan efisien karena tidak melihat lagi protokol diatasnya (3, 4 dst) - tapi sayangnya hanya berlaku lokal sampai ke switch - dan itupun switchnya juga harus mendukung implementasi NIC bonding ieee 802.3ad link aggregation.

poin 1, 2 dan 3 pada umumnya digabung jadi 1 istilah : network load balancing.

secara algortima hampir sama : me-rotasi setiap traffic pada 2 atau labih jalur transaksi data (entah ada di layer 2, 3 dst) - tentunya dgn prinsip/kaedah yg berlaku pada masing2 layer.
fungsi pokok sebetulnya hampir sama yaitu redundancy (atau) sehingga terasa seperti peningkatan performa.

No comments: